Mengobati Angina Pectoris

obat tradisional penyakit jantung angina pectoris
nyeri dada gejala angina pectoris
Angina adalah rasa sakit, nyeri, atau tekanan berat di dada yang disebabkan oleh iskemia: kekurangan pasokan darah yang membawa oksigen ke jantung. Hal ini kadang ditandai dengan rasa nyeri di dada, sesak nafas, keluarnya keringat dingin. Kondisi ini juga disebut angina pectoris pektoris.


Deskripsi Angina Pektoris

Sering ditandai dengan kejang otot jantung dan perasaan tersedak. Angina istilah yang digunakan untuk menggambarkan dada (toraks) sakit yang disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen yang seharusnya dibawa darah menuju ke jantung. Angina bukanlah serangan jantung yang sebenarnya, melainkan nyeri yang terjadi ketika jantung hanya menerima sedikit darah. Kondisi ini mungkin hanya bersifat sementara, penderita biasanya adalah orang yang sedikit berolah raga; tidak selalu menunjukkan kerusakan jantung permanen. Bahkan, angina jarang menyebabkan kerusakan jantung yang permanen.

Angina dapat dibagi menjadi dua kategori: angina karena berkegiatan (effort angina) dan varian variant angina.

Effort Angina

Effort angina adalah gangguan umum yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), sehingga pasokan darah yang membawa oksigen ke jantung terganggu. Pada effort angina, pembuluh arteri (miokardium) justru dapat memberikan  darah ke jantung yang mencukupi selama istirahat, tetapi saat berkegiatan (misal saat olahraga) pasokan darahnya malah sedikit atau tidak mencukupi, bisa karena adanya tekanan atau terlalu gembira (excited). Rasa sakit di dada akan berkurang, saat si penderita istirahat atau dengan pemberian nitrogliserin, obat untuk melemaskan otot jantung, membuka pembuluh darah koroner, dan menurunkan tekanan darah. Pasien yang mengalami effort angina memiliki peningkatan resiko serangan jantung (infark miokard).

Variant Angina

Variant angina terjadi saat istirahat dan tidak berhubungan dengan pekerjaan yang berlebihan oleh otot jantung. Penelitian menunjukkan bahwa varian angina disebabkan oleh kejang otot arteri koroner, bukan penyebab penyakit jantung yang sebenarnya.


Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Angina Pektoris

Angina biasanya disebabkan oleh aterosklerosis, kemudian mengakibatkan obstruksi arteri koroner. Dalam beberapa kasus, hal itu disebabkan oleh kejang yang terjadi secara alami atau sebagai akibat dari penggunaan narkoba. Dalam kasus lain yang jarang terjadi, angina disebabkan oleh emboli koroner atau penyakit lain selain aterosklerosis yang menyebabkan jantung tertekan.

Kebanyakan angina disebabkan oleh aktivitas fisik, ketika jantung membutuhkan lebih banyak oksigen dalam darah, sementara aliran darahnya sedikit. Stress, suhu yang ekstrim , makanan enak, merokok, dan alkohol juga dapat menyebabkan angina. 


Angina menyebabkan rasa nyeri dan tekanan berat, sering terjadi di daerah dada di bawah tulang dada (sternum). Hal ini kadang dialami di bahu, lengan, leher, atau rahang. Dalam kebanyakan kasus , gejala ini akan reda beberapa menit dengan istirahat atau dengan menelan obat untuk angina.


Diagnosa Angina Pektoris

Dokter biasanya dapat mendiagnosis angina berdasarkan gejala yang terjadi pada pasien dan faktor pemicunya. Namun, pengujian diagnostik lainnya sering diperlukan untuk mengatasi angina,atau untuk menentukan tingkat keparahan.

Elektrokardiogram (EKG)

Elektrokardiogram adalah tes yang mencatat impuls listrik dari jantung. Grafik yang dihasilkan dari aktivitas listrik di jantung dapat menunjukkan jika otot jantung tidak berfungsi dengan baik akibat kekurangan oksigen. Electrocardiograms juga berfungsi untuk mengetahui adanya gangguan jantung lainnya, seperti
arrhythmia aritmia (denyut jantung tidak teratur).

Tes Tekanan (Stress Test)

Bagi banyak orang yang menderita angina pektoris, hasil elektrokardiogram pada saat istirahat tidak akan menunjukkan kelainan jantung. Karena gejala angina terjadi saat ada tekanan, fungsi jantung mungkin perlu dievaluasi dengan melakukan tes fisik (olahraga berjalan dengan alat treadmill). Sebelum, selama , dan setelah di-treadmill untuk mengetahui adanya kelainan di jantung, hasilnya dicatat dengan elektrokardiogram. Selama tes dengan treadmill, tekanan darah juga diukur, gejala yang muncul pun dicatat. Dalam beberapa kasus stress test hasilnya lebih lengkap (misalnya, thallium scanning) digunakan untuk menggambarkan aliran darah pada jantung selama berada di atas treadmill dan ketika istirahat.

Angiogram

Angiogram merupakan rangkaian hasil sinar x dari arteri koroner. Telah dicatat sebagai tes diagnostik yang paling akurat untuk menunjukkan keberadaan dan parahnya penyakit jantung koroner. Saat tindakan angiogram, tabung fleksibel (kateter) kecil yang panjang dimasukkan ke arteri yang terletak di lengan atau pangkal paha. Kateter ini selanjutnya dilewatkan salah satu dari dua arteri koroner tersebut. Dye A disuntikkan melalui kateter untuk membuat jantung, arteri, dan aliran darah lebih jelas dan mudah dibaca sinar x. Sebuah film fluoroscopic menunjukkan darah yang mengalir melalui arteri koroner. Ini akan mengungkapkan dimana terjadinya penyempitan pembuluh koroner yang dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otot jantung dan gejala yang berhubungan dengan angina pektoris.


Pengobatan Penyakit Jantung

Mengontrol faktor yang dapat menyebabkan orang menderita angina adalah langkah pertama dalam menangani penyakit arteri yang menyebabkan angina pektoris. Faktor resiko ini antara lain merokok, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan obesitas.

Setelah angina pectoris mereda, penyebabnya harus ditentukan dan diobati. Aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah arteri) adalah penyebab utama penyakit angina, membutuhkan penyesuaian diet dan gaya hidup, olahraga teratur, pengurangan konsumsi gula dan lemak jenuh, dan meningkatkan serat makanan .

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa perawatan dengan cara diet kolesterol telah mendapatkan perhatian dan minat masyarakat. Salah satu perawatan populer terbaru adalah konsumsi bawang putih (Allium sativum). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol total sekitar 10% dan LDL (kolesterol jahat) sebesar 15 %, dan dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sebesar 10 %. Meskipun efeknya terhadap kolesterol tidak sebesar efek obat kimia produksi pabrik, bawang putih dapat membantu penderita kolesterol tinggi yang belum parah. Konsumsi bawang putih tidak menyebabkan efek samping dibanding dengan obat yang diproduksi pabrik.

Obat herbal lain yang biasa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol, antara lain: Oat / gandum (Avena sativa), fenugreek / klabet / hulbah (Trigonella foenumgraecum), kunyit (Curcuma longa), ginseng Korea (Panax ginseng). Banyak obat herbal lain di Indonesia yang bermanfaat menurunkan kolesterol, mengendalikan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak aterosklerosis, dan hal lain yang berhubungan dengan pengobatan penyakit jantung.

Pengobatan allopathic

Angina dapat dikendalikan dengan obat. Yang paling sering dipakai adalah nitrogliserin. Obat ini untuk mengurangi gejala angina dengan meningkatkan diameter pembuluh darah yang membawa darah ke jantung. Nitrogliserin dikonsumsi saat rasa nyeri dada akibat angina datang. Biasanya dengan menempatkan tablet di bawah lidah. Atau dapat diberikan secara transdermal, dengan meletakkan obat di permukaaan kulit.

Selain itu, beta-blocker atau calcium channel blockers mungkin diresepkan untuk menurunkan tingkat beban kerja jantung. Pada akhir tahun 2001, sebuah studi melaporkan bahwa Nicorandil adalah obat pertama yang dapat mengurangi resiko angina dan untuk mengurangi gejala yang sering menyertai penderita angina pektoris.

Pada akhir tahun 2000 diperkenalkan obat dengan nama lopidogrel untuk membantu mencegah kejadian angina berulang. Sebuah penelitian, dengan memberikan lopidogrel dan aspirin pada dua kelompok berbeda. Menunjukkan penurunan kematian yang signifikan akibat kardiovaskular, serangan jantung nonfatal, dan stroke pada pengguna lopidogrel dibandingkan penerima plasebo aspirin.

Ketika perawatan konservatif tidak efektif mengurangi nyeri angina dan resiko serangan jantung tetap tinggi, dokter mungkin menyarankan angioplasti atau operasi bypass arteri koroner. Pembuluh darah (biasanya diambil dari pembuluh vena di kaki, karena bentuknya yang panjang) dicangkokkan ke arteri yang tersumbat dengan memotong bagian yang tersumbat. Dengan tindakan ini akan terbentuk jalur baru yang memungkinkan darah mengalir dalam jumlah yang cukup ke organ jantung.

Tindakan lain yang digunakan untuk meningkatkan aliran darah ke jantung adalah angioplasti koroner tranluminal, biasanya disebut angioplasti balon (balonisasi). Pada tindakan ini, dokter menyisipkan kateter dengan balon kecil di ujungnya. Kateter dimasukkan melalui pembuluh arteri pada lengan atau pangkal paha. Kateter kemudian berulir masuk ke dalam arteri koroner, dan balon digelembungkan untuk membuka bagian pembuluh yang menyempit. Teknik lain untuk membuka penyumbatan arteri yang sedang dalam pengembangan dan saat ini masih dalam penggunaan yang terbatas: laser, stent.


Pencegahan  Angina Pektoris

Prognosis untuk pasien yang berhubungan dengan angina tergantung pada kesehatan penderita dan jenis penyakit, serta ringan-parahnya kondisi. Seseorang dapat meningkatkan prognosisnya dengan segera mendapat informasi medis dan belajar pola angina-nya, seperti: apa yang menyebabkan serangan angina pektoris, apa yang dirasakan, berapa lama kejadiannya, dan apakah obat yang digunakan untuk mengurangi serangan angina. Bantuan medis harus dicari segera jika pola gejala berubah secara signifikan atau jika gejala mirip dengan serangan jantung muncul.
 

Pada kebanyakan kasus, pencegahan terbaik adalah mengubah kebiasaan yang dapat menyebabkan serangan angina. Gaya hidup sehat, antara lain makan dan minum dengan benar, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan seimbang, tidak merokok, mengontrol tekanan darah / mengendalikan hipertensi, dan mengelola stress. Kebanyakan ahli kesehatan dapat memberikan nasihat masalah diet yang tepat, kontrol berat badan, berhenti merokok, kadar kolesterol darah.

Kami menyediakan kapsul herbal bawang putih, fenugreek, kunir putih, ginseng, dll. Untuk membeli obat herbal penyakit jantung, klik saja:  

1. obat herbal jantung

2. obat jantung