Obat Penyakit Amandel atau Tonsilitis

obat herbal amandel atau tonsilitis
gambar amandel
Apa itu Amandel?

Amandel adalah dua kelenjar getah bening yang terletak di sisi kanan dan kiri bagian belakang tenggorokan manusia. Berfungsi sebagai mekanisme pertahanan, membantu mencegah infeksi masuk ke seluruh tubuh. Ketika amandel terinfeksi, kondisi ini disebut sebagai penyakit radang amandel atau tonsilitis.

Penyakit radang amandel dapat terjadi pada semua usia, umumnya terjadi pada anak-anak. Paling sering ditemukan pada anak-anak mulai usia prasekolah sampai remaja. Gejala yang sering menyertainya: sakit tenggorokan, amandel bengkak, dan demam. Kondisi ini dapat disebabkan oleh virus dan bakteri yang umumnya menular. Jika tidak diobati, penyakit radang amandel yang disebabkan oleh radang tenggorokan (Streptococcus bakteri) dapat mengakibatkan komplikasi penyakit yang serius.

Tonsilitis mudah didiagnosis dan diobati. Gejala penyakit amandel biasanya akan hilang dalam waktu 7 sampai 10 hari.


Penyebab Penyakit Radang Amandel atau Tonsilitis

Amandel adalah benteng pertama pertahanan terhadap penyakit, di sini sel darah putih diproduksi untuk membantu tubuh melawan infeksi. Amandel akan melawan setiap bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut, tetapi sangat rentan terhadap infeksi. Penyakit radang amandel dapat disebabkan oleh virus, seperti flu biasa, atau oleh infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan.

Anak-anak yang melakukan kontak dengan orang lain, misalnya di sekolah dan saat bermain, dapat menyebabkan mereka terekspos berbagai virus dan bakteri. Hal ini membuat anak sangat rentan terhadap kuman penyebab penyakit radang amandel.


Gejala Penyakit Radang Amandel

Ada banyak gejala yang timbul, tetapi penderita tidak mengalami semua gejala. Yang paling umum:

     tenggorokan terasa sakit
     sakit saat menelan
     suara parau
     bau mulut
     demam
     panas dingin
     gangguan pendengaran
     sakit perut
     sakit kepala
     leher kaku
     rahang dan nyeri leher (karena pembengkakan kelenjar getah bening)
     amandel tampak merah dan bengkak
     amandel memiliki bintik-bintik putih atau kuning

Pada anak-anak, dapat muncul gejala: cepat marah, nafsu makan hilang, keluarnya air liur yang berlebihan. Carilah perawatan medis segera jika mengalami kesulitan bernafas, karena amandel bengkak dapat menghalangi saluran udara.


Diagnosa Penyakit Radang Amandel

Diagnosa didasarkan pada pemeriksaan tenggorokan, mengambil sedikit lapisan di tenggorokan. Untuk mengambil sampel pada tenggorokan, dokter akan mengerik sedikit lapisan di belakang tenggorokan penderita dan mengirimnya ke laboratorium untuk mengidentifikasi penyebab infeksi tenggorokan.


Pengobatan Penyakit Radang Amandel

Radang amandel yang sifatnya ringan tidak membutuhkan pengobatan, terutama jika disebabkan oleh virus, seperti flu.

Pengobatan untuk kasus yang lebih parah:

- Antibiotik: Antibiotik akan diresepkan untuk mengobati infeksi bakteri. Pemberian antibiotik pada si penderita harus sampai tuntas, obatnya dihabiskan. Dokter mungkin mungkin akan menjadwalkan kunjungan ulang, sebagai tindak lanjut untuk memastikan bahwa obat itu efektif.
  
- Tonsilektomi: Operasi untuk mengangkat amandel disebut tonsilektomi. Ini adalah sebuah tindakan operasi bedah yang sangat umum. Namun, tonsilektomi saat ini hanya dianjurkan bagi orang yang mengalami penyakit radang amandel sering kambuh, karena tidak merespon pengobatan, atau karena penyakit radang amandel menyebabkan komplikasi.

Tips Merawat Penderita Penyakit Radang Amandel di Rumah

     Minum banyak air putih.
     Istirahat yang cukup.
     Berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari.
   Gunakan pelega tenggorokan (hati2 lozenges tenggorokan (berbentuk permen) bisa menimbulkan bahaya tersedak bagi anak-anak).
     Gunakan humidifier untuk melembabkan udara di rumah.
     Hindari asap.
    Gunakan analgesik (obat penghilang rasa nyeri), seperti acetaminophen dan ibuprofen (bukan aspirin, karena dapat membahayakan anak-anak. Selalu konsultasikan ke dokter, sebelum memberikan aspirin pada anak.)


Efek Samping Penyakit Radang Amandel

Amandel bengkak dapat menyebabkan kesulitan bernafas, yang dapat menyebabkan gangguan tidur. Tonsilitis yang tidak diobati dapat mengakibatkan infeksi menyebar ke daerah di belakang amandel atau ke jaringan sekitarnya.

Jika tonsilitis disebabkan oleh infeksi tenggorokan yang tidak diobati atau yang tidak sembuh, bisa menyebabkan demam rematik (radang jantung, sendi, dan jaringan lain), atau glomerulonefritis pasca streptokokus (menyebabkan radang ginjal).

Gejala tonsilitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri biasanya membaik beberapa hari setelah minum antibiotik. Radang tenggorokan dianggap sebagai penyakit yang dapat menular jika tidak diobati dalam jangka waktu 24 jam.

Tonsilitis umumnya sembuh sepenuhnya dalam waktu tujuh sampai sepuluh hari.


Mencegah Penyakit Radang Amandel

Tonsilitis sangat menular. Untuk mengurangi resiko mengidap penyakit amandel, jauhi penderita sementara waktu (hingga si penderita sembuh). Cucilah tangan Anda, terutama setelah kontak dengan penderita penyakit amandel, batuk, atau bersin. Jika Anda menderita penyakit amandel, sebaiknya menghindari berinteraksi dengan orang sehat di sekitar Anda sementara waktu, hingga Anda sembuh.


Kami menyediakan kapsul herbal untuk penyakit amandel dan radang tenggorokan, klik saja :

 1. obat amandel

 2. obat radang tenggorokan