Mengobati Penyakit Asam Urat

tanaman sidaguri obat asam urat dan rematik tulang
Tanaman Sidaguri
Penyakit asam urat atau gout datangnya secara tiba-tiba, penderita akan merasakan sangat nyeri pada persendian. Pada awalnya yang paling sering diserang adalah sendi pada jempol kaki, ibu jari kaki menjadi tampak kemerahan.

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang kompleks (arthritis), dapat menjangkiti siapa pun. Pada umumnya lebih banyak menyerang kaum pria. Namun pada wanita yang sudah menopause, penyakit asam urat juga sering muncul.

Serangan asam urat bisa datang seketika, saat penderita tidur sekalipun. Ketika penyakit asam urat kambuh pada malam hari, penderita akan terbangun dengan rasa nyeri seperti terbakar. Sendi yang mengalami penumpukan asam urat menjadi nyeri, bengkak dan terasa panas. Hanya sentuhan halus pada daerah ini saja, bisa menyebabkan rasa yang teramat sakit.

Penyakit asam urat bisa disembuhkan, kita bisa juga mengupayakan pencegahan kambuhnya serangan gout atau penyakit asam urat.

Tanda dan gejala asam urat jarang terlihat, karena sering terjadi secara tiba-tiba; asam urat bersifat akut. Penyakit asam urat banyak menyerang pada malam hari.

Penyakit asam urat biasanya pada awalnya menyerang sendi jempol kaki penderitanya. Tetapi, mengumpulnya garam kristal asam urat, bisa juga terjadi pada bagian persendian lain. Misalnya: sendi kaki, pergelangan kaki, lutut, tangan dan pergelangan tangan. Rasa sakit ini mungkin akan paling terasa parah dalam waktu 12 sampai 24 jam sejak serangan pertama terjadi.
    
Setelah reda rasa sakit yang paling parah, rasa tidak nyaman pada sendi dapat terasa selama beberapa hari sampai beberapa minggu ke depan. Kemudian serangan cenderung bertahan lebih lama dan berpengaruh pada sendi. Kulit di luar sendi yang meradang karena asam urat akan berwarna merah, bengkak dan terasa lembut.

Jika Anda tiba-tiba mengalami rasa sakit di persendian, segera hubungi dokter. Penumpukan asam urat yang berlangsung lama dan tidak diobati, akan menyebabkan rasa nyeri yang semakin menjadi serta menyebabkan kerusakan sendi. Usahakan perawatan medis, jika merasa demam dan sendi terasa panas serta meradang. Karena hal ini bisa juga menjadi tanda terjadinya infeksi.

Gout terjadi ketika kristal asam urat menumpuk pada sendi penderitanya, menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang tak tertahankan. Kristal asam urat dapat terbentuk saat penderita memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam darahnya. Tubuh kita memproduksi asam urat, asam urat berproses lagi menjadi purin (zat yang ditemukan secara alami dalam tubuh manusia). Purin terkandung pada sejumlah makanan, seperti jeroan, ikan teri, asparagus dan jamur. Sebaiknya penderita asam urat tinggi punya pantangan dan menghindari jenis makanan ini.

Pada kondisi normal, asam urat akan larut dalam darah kemudian berproses di ginjal dan dibuang bersama air kencing. Tapi kadang tubuh kita menghasilkan terlalu banyak asam urat atau karena ginjal mengekskresikan asam urat melalui air kemih terlalu sedikit. Saat hal ini terjadi, asam urat akan membentuk kristal yang tajam dalam jaringan sendi atau sekitarnya yang menyebabkan rasa nyeri,radang dan bengkak.

Penderita asam urat tinggi juga akan lebih mudah terserang penyakit encok atau rematik. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, adalah:

Faktor gaya hidup. Pilihan yang Anda buat dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan resiko mengidap penyakit asam urat. Mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko terserang penyakit asam urat atau gout.
    
Kondisi medis. Penyakit dan kondisi tertentu dapat menyebabkan penyakit asam urat mudah menjangkiti. Contohnya pada penderita tekanan darah tinggi yang tidak diobati (hipertensi) dan kondisi kronis seperti diabetes, tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam darah (hiperlipidemia) serta penyempitan pembuluh darah (arteriosclerosis).
    
Obat-obatan tertentu. Penggunaan thiazide diuretik, obat yang biasanya digunakan untuk mengobati hipertensi dan aspirin dosis rendah juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Penggunaan obat yang diresepkan untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ, juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
    
Riwayat keluarga penderita asam urat. Jika anggota keluarga Anda ada yang menderita penyakit asam urat, maka Anda mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk mengidap penyakit asam urat.
    
Usia dan jenis kelamin. Penyakit asam urat lebih sering diderita oleh laki-laki dibanding perempuan, hal ini karena perempuan cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah daripada laki-laki. Namun setelah menopause, kadar asam urat perempuan hampir sama dengan laki-laki. Banyak pria yang terserang penyakit asam urat pada usia antara 40 - 50 tahun. Sementara kebanyakan wanita terserang penyakit asam urat setelah mengalami menopause.

Orang yang mempunyai kadar asam urat yang tinggi di dalam darahnya, juga akan lebih mudah mengalami:

Penyakit asam urat yang berulang. Beberapa orang mungkin tidak mengalami lagi tanda dan gejala kambuhnya penyakit asam urat yang pernah dideritanya. Tetapi sebagian yang lain penyakit asam uratnya dapat kambuh beberapa kali dalam setahun. Obat-obatan dapat membantu mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat.
    
Penyakit asam urat yang berlanjut. Penyakit asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan terjadinya endapan kristal asam urat di bawah kulit yang disebut nodul tophi (TOE-fi). Tophi umumnya terjadi pada jari, tangan, kaki, siku dan tendon Achilles di sekitar pergelangan kaki ke bawah. Tophi biasanya tidak begitu menyakitkan, tetapi menjadi ikut bengkak dan sakit jika terjadi serangan penyakit asam urat.

Batu ginjal. Kristal asam urat dapat mengumpul dan mengendap dalam saluran kemih penderita asam urat, pada akhirnya akan menyebabkan batu ginjal. Obat dapat membantu mengurangi resiko penyakit batu ginjal.

Untuk mendiagnosa penyakit asam urat, biasanya dilakukan:

Tes cairan sendi. Dokter mungkin akan mengambil sedikit cairan dari sendi yang terkena asam urat. Di bawah mikroskop dapat diketahui, cairan sendinya terdapat kristal asam urat atau tidak.

Tes darah. Dokter mungkin menyarankan untuk melakukan tes darah untuk mengukur kadar asam urat dalam darah. Hasil tes darah kadang membingungkan. Meskipun beberapa orang memiliki kadar asam urat yang tinggi, bisa jadi tidak pernah mengalami gejala seperti yang dirasakan penderita penyakit asam urat pada umumnya. Beberapa orang yang lain memiliki tanda dan gejala penyakit asam urat, tetapi tingkat asam urat dalam darahnya tidak tinggi.

Kami menyediakan obat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.


Untuk membeli, silakan klik pada tulisan berwarna: obat penyakit asam urat

Untuk membeli kapsul sidaguri, silakan klik link berikut: obat herbal sidaguri