Pantangan Makan Penyakit Asam Urat

obat penyakit asam urat atau gout
penyakit asam urat
Apa itu Penyakit Asam Urat atau Gout?

Gout adalah jenis rematik yang disebabkan oleh asam urat terlalu banyak dalam darah. Ketika konsentrasi asam urat terlalu tinggi, bentuknya kristal tajam. Kristal ini mengumpul pada sendi yang menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri. Serangan penyakit asam urat sering datang tiba-tiba tanpa peringatan dan biasanya berlangsung selama 12 sampai 24 jam. Jempol kaki adalah sendi yang awalnya paling sering terserang penyakit asam urat, tetapi serangan dapat terjadi juga di pergelangan kaki, lutut, tangan, dan pergelangan tangan. Jika tidak diobati, penyakit asam urat akan sering kambuh, akhirnya dapat menyebabkan kerusakan sendi permanen dan menimbulkan cacat tubuh.

Lebih dari delapan juta orang di Amerika menderita penyakit asam urat, dan kejadiannya telah meningkat sekitar 50 persen dalam 20 tahun terakhir. Gout paling sering terjadi pada kaum pria berusia di atas 40 tahun, namun pada wanita yang telah menopause juga sering ditemukan. Karena penyakit asam urat dikaitkan dengan konsumsi makanan yang mengandung asam urat secara berlebih, maka dulu lebih dikenal sebagai "penyakit para raja"

Makanan yang Sebaiknya dihindari oleh Penderita
Penyakit Asam Urat
 
Penyakit asam urat adalah jenis arthritis yang menyakitkan yang dapat mempengaruhi satu atau lebih sendi, biasanya terjadi pada kaki. Hal ini secara tradisional diobati dengan obat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit (analgesik). Makanan tertentu dapat memicu serangan, menyadari apa yang kita makan dapat memiliki dampak yang signifikan menghindari gejala penyakit asam urat.

Purin, Asam Urat dan Gout

Gout terjadi ketika asam urat mengkristal dan menumpuk pada sendi. Pada keadaan normal, asam urat berfungsi sebagai antioksidan dan perlindungan bagi lapisan pembuluh darah kita. Asam urat dibuat selama pemecahan zat organik yang ditemukan dalam makanan yang disebut purin.

Kunci untuk mengobati penyakit asam urat adalah dengan "diet asam urat tinggi" yaitu menghindari makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Berikut adalah beberapa pantangan makan untuk penderita penyakit asam urat, sebaiknya makanan ini dihindari untuk mencegah kekambuhannya.

Daging

Purin tertinggi ditemukan pada jerohan jeroan, di antaranya: hati, ginjal, otak, lidah, dan babat, sehingga semua jeroan harus benar-benar dihindari. Daging bagian lain pada umumnya mengandung purin di bawahnya. Asupan makanan berupa daging dibatasi, tidak melebihi empat ons per hari. Contoh daging yang bisa dikonsumsi terbatas: ayam, bebek, angsa, kelinci, domba, kalkun, domba, sapi, dan daging rusa. Kadar purin juga tinggi pada makanan hewani lainnya: saus, kaldu, dan sup ayam.

Ikan dan Seafood

Ikan dan seafood juga merupakan sumber penghasil purin. Penderita penyakit asam urat sebaiknya tidak makan kerang, sarden, hering, anchovy, dan makarel. Ikan lainnya yang memiliki purin cukup tinggi: tuna, ikan mas, ikan kod, halibut, salmon, kakap, dan ikan trout.

Hindari makanan laut lainnya: lobster, kepiting, dan udang yang juga mengandung purin tinggi harus dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Biji-bijian

Makanan yang berasal dari olahan biji-bijian, seperti roti gandum dan sereal memiliki kandungan purin tinggi. Gandum, dedak, dan oatmeal kandungan purinnya tinggi. Jika ingin makanan yang berasal dari biji-bijian, membatasi tidak lebih dari dua porsi per minggu.

Gula

Diet tinggi gula bermanfaaat untuk mencegah penyakit asam urat, obesitas dan diabetes. Jika Anda perlu untuk mendapatkan kebutuhan gula, pilih buah-buahan segar. Beberapa buah memiliki kadar gula alami tinggi, mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Minuman beralkohol

Bir mengandung purin (ragi mempunyai kandungan purin sangat tinggi). Penelitian telah menunjukkan bahwa minum bir selama serangan gout secara signifikan dapat meningkatkan gejala penyakit asam urat.

Sayuran tertentu

Beberapa sayuran yang kaya purin dan harus dibatasi tidak lebih dari dua porsi konsumsinya (satu porsi mentah atau setengah porsi setelah dimasak) per minggu. Jenis sayuran yang mengandung purin tinggi:

     asparagus
     bunga kol / kubis
     kacang
     kacang lentil
     kacang polong
     bayam

Informasi Lebih Lanjut Tentang Penyakit Asam Urat

Melakukan diet ketat dapat membantu meringankan gejala penyakit asam urat, karena banyak sekali makanan merupakan sumber purin yang harus dihindari penderita gout. Hindari makanan tertentu yang jelas-jelas mengandung purin tingkat menengah dan tinggi.

Kami menyediakan obat herbal untuk menurunkan purin.

Untuk membeli obat asam urat, silakan klik: obat herbal asam urat

Untuk membeli kapsul sidaguri, silakan klik: kapsul sidaguri