Obat Penyakit Sinusitis

obat penyakit sinusitis
Apa sinus itu ?
Apakah sinusitis itu ?
Bagaimana ciri gejala sinusitis ?
Apa yang menyebabkan sinusitis ?
Bagaimana mendiagnosis sinusitis ?
Kapan operasi dibutuhkan penderita sinusitis ?


Apakah sinus itu ?

Sinus paranasal terletak berdekatan dengan rongga hidung, adalah struktur kerangka tulang wajah yang berisi udara. Ada empat sinus paranasal yang saling berpasangan, semuanya berjumlah delapan: dua maksila, 2 ethmoid, 2 sphenoid dan 2 sinus frontal. Rongga tulang dilapisi oleh jaringan lunak yang disebut dengan mukosa.


Apakah sinusitis itu ?

Sinusitis adalah peradangan mukosa pada sinus paranasal yang menyebabkan gejala: saluran hidung menebal, hidung tersumbat dan rasa nyeri di wajah.

Virus, bakteri dan alergi hidung adalah penyebab umum terjadinya peradangan sinus. Rongga sinus meradang, mukosa hidung bengkak menyebabkan obstruksi bukaan sinus atau ostia. Hal ini mengakibatkan saluran tidak dapat mengalirkan air untuk mengeluarkan sekresi yang dihasilkan, sinus kemudian menjadi tempat infeksi bakteri. Karena sinusitis hampir selalu disertai dengan peradangan mukosa hidung (rhinitis), istilah "rinosinusitis" digunakan oleh otolaryngologists untuk menggantikan istilah "sinusitis".

Rinosinusitis dikategorikan sesuai dengan lamanya mengalami gejala sinusitis:

- Akut, penderita  mengalami gejala sinusitis selama 4 minggu atau kurang.
- Subakut ketika gejalanya antara 4 minggu hingga 12 minggu.
- Kronis, gejala sinusitis selama 12 minggu atau lebih.
- Akut yang berulang yaitu mengalami 4 kali atau lebih episode akut yang terjadi dalam waktu 1 tahun.
- Sinusitis kronis eksaserbasi akut yaitu episode akut yang terjadi pada pasien sinusitis kronis.

Apa penyebab sinusitis ?

Intinya, sinusitis adalah penyumbatan bukaan sinus atau ostia akibat terjadinya peradangan. Penyebab peradangan sinus adalah:
- virus
- bakteri
- jamur
- alergi hidung
- penyakit saluran napas reaktif, seperti asma
- penyakit bawaan, seperti cystic fibrosis
- penyakit radang, seperti sarkoidosis dan granulomatosis wegener
- imunodefisiensi, seperti AIDS
- operasi sebelumnya yang mengakibatkan pembentukan jaringan parut
- trauma yang menyebabkan patah tulang wajah

Banyak jenis bakteri yang dapat menginfeksi sinus paranasal. Bakteri yang paling sering ada di rinosinusitis akut adalah:
- streptococcus pneumoniae
- hemophilus pneumoniae
- moraxella catarrhalis

Pada rinosinusitis kronis, sering ditemukan beberapa jenis bakteri ada dalam sampel kultur tunggal. Selain itu, organisme ini mungkin tinggal pada sinus akibat resistensi obat, biasanya obat antibiotik. Bakteri yang umum ada pada penderita rhinosinusitis kronis adalah:
- staphylococcus aureus
- organisme gram negatif, seperti pseudomonas aeriginosa

Bagaimana mendiagnosis sinusitis ?

Diagnosis sinusitis, terutama sinusitis kronis, sering sulit untuk dilakukan. Dokter biasanya mengandalkan riwayat penyakit pasien dan pemeriksaan fisik untuk melakukan diagnosis. Otolaryngologist umumnya akan menanyakan gejala dan berapa lama mengalami gejala itu.

Penyebab sinusitis akut seringnya adalah virus dan bakteri. Karenanya sinusitis karena virus dan sinusitis karena bakteri ditangani berbeda, dokter perlu bisa membedakan dua penyebab tersebut. Keduanya menyebabkan tekanan, wajah nyeri dan menebal, saluran hidung berubah warna. Awalnya, penyebab sinusitis akut dianggap karena virus. Menurut pedoman praktek klinis terbaru, jika hanya sekali gejala terjadi selama minimal 10 hari (tapi kurang dari 4 minggu) adalah diagnosis untuk sinusitis akut yang disebabkan oleh bakteri. Sinusitis dimana gejala awalnya membaik, tapi kemudian menjadi parah, juga didiagnosis sebagai sinusitis bakterial akut.

Diagnosis gejala sinusitis:

- saluran hidung terasa tebal dan berubah warna  atau purulen.
- nyeri wajah, tekanan atau rasa wajah penuh cairan sering berpengaruh pada pipi, gigi, dan daerah sekitar mata.
- hidung tersumbat.
- fungsi indera penciuman menurun.

Gejala lainnya yang dapat dialami penderita penyakit sinusitis:
- batuk
- pasca nasal drip
- bau mulut atau halitosis
- sakit kepala
- nyeri telinga
- asma

Jika dua atau lebih tanda atau gejala dialami selama 12 minggu atau lebih dan adanya peradangan ditemukan pada pemeriksaan atau CT scan, diagnosis bisa mengarah pada sinusitis kronis atau CRS (Chronic rhinosinusitis). Pemeriksaan fisik dapat dilakukan dengan spekulum hidung atau endoskopi hidung, tergantung pada tingkat keparahan pada gejala yang ditemukan. Endoskopi hidung adalah teleskop mini dirancang untuk memeriksa rongga hidung dan ostia sinus paranasal. Jika tampak sekresi purulen dalam pemeriksaan, dapat diambil untuk mengidentifikasi organisme penyebab sinusitis. Peradangan dapat diketahui dengan ditemukannya:
- sekresi purulen yang kental
- edema (cairan yang menumpuk), mukosa hidung bengkak
- mukosa hidung berwarna merah
- polip hidung

CT scan dilakukan jika terapi medis gagal mengatasi penyakit dari gejala yang ada. CT scan memberikan rincian anatomi tulang dari sinus dan mampu menunjukkan penebalan atau kelainan pada hidung dan sinus mukosa.


Sama seperti penyakit flu atau pilek, virus sinusitis akut akan sembuh tanpa pengobatan. Karena virus tidak merespon terapi antibiotik, virus sinusitis dapat diatasi dengan perawatan sederhana seperti bilasan saline nasal. Obat-obatan, termasuk antihistamin, dekongestan dan penghilang rasa sakit (analgesik, misal paracetamol) mungkin diberikan oleh dokter untuk membantu mengurangi keparahan gejala.

Pengobatan untuk sinusitis bakterial akut dilakukan dengan memberi antibiotik yang tepat. Dokter akan mempertimbangkan pilihan antibiotik pada banyak faktor, diantaranya:
- berdasar jenis bakteri penyebab infeksi
- potensi resistensi bakteri terhadap antibiotik tertentu
- alergi yang dialami oleh pasien
- obat lain yang sedang atau akan dikonsumsi pasien
- kondisi medis pasien
- pengobatan yang pernah dilakukan sebelumnya

Dokter akan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut di atas sebelum memberikan antibiotik yang sesuai. Lamanya pengobatan biasanya antara 10 sampai dengan 14 hari. Rasa nyeri juga harus diberikan resep obat yang cocok. Seperti sinusitis virus akut, obat-obatan tambahan, seperti steroid, antihistamin, dekongestan dan mukolitik mungkin diberikan oleh dokter untuk membantu mengurangi keparahan penyakit sinusitis dan lamanya gejala yang terjadi. Bilasan saline nasal juga sering direkomendasikan oleh dokter.

Pengobatan rinosinusitis kronis menjadi lebih rumit, karena lebih banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Secara umum, bagaimanapun, CRS membutuhkan terapi medis dalam jangka waktu yang lebih lama. Antibiotik, jika diperlukan, seringkali diberikan berdasar perkembangan sinonasal dan diresepkan untuk waktu 3 sampai 4 minggu.

Kapan operasi dibutuhkan penderita sinusitis ?

Operasi sinus dilakukan pada pasien sinusitis kronis yang tidak dapat diatasi dengan pengobatan medis. Harus diingat bahwa sinusitis adalah penyakit yang perlu ditangani secara medis yang intensif dengan obat sebelum mempertimbangkan tindakan operasi. Bahkan setelah operasi sinus sukses, banyak pasien sinusitis kronis akan terus memerlukan obat untuk mengontrol peradangan dan mencegah kembalinya gejala.

Untuk pasien yang terus mengalami gejala sinusitis meskipun pengobatan sudah dilakukan, operasi sinus adalah pilihan yang harus dipertimbangkan dengan baik. Saat ini, operasi ini biasanya dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip bedah sinus endoskopi fungsional (FESS). Tujuan dilakukannya FESS adalah untuk mengembalikan fungsi sinus menjadi normal. Pada prosedur operasi FESS, ahli bedah akan memperbesar saluran sinus yang sempit. Seluruh operasi dilakukan melalui lubang hidung dengan menggunakan endoskopi hidung, sayatan eksternal kulit wajah sangat jarang dilakukan.

Infeksi sinus mampu menyebar ke struktur yang berdekatan di luar rongga sinus, seperti mata dan otak. Komplikasi seperti ini cukup langka, tetapi dianggap darurat medis dan bedah, yang membutuhkan perawatan segera. Biasanya operasi dilakukan untuk mengeringkan infeksi dan memperbesar ostia sinus.

Kami menyediakan kapsul obat herbal untuk mengatasi penyakit sinusitis. Anda ingin membeli? Silakan klik di sini.