Manfaat Lipid

gambar penampang lipid
gambar penampang lipid
Lipid seperti struktur bangunan, mengandung hidrokarbon. Contoh lipid adalah lemak, minyak, zat lilin, vitamin tertentu, hormon dan sebagian besar membran sel non protein.

Apakah lipid larut dalam air ?

Lipid bersifat non polar yang tidak larut dalam air namun dapat larut dalam lingkungan non polar seperti kloroform.

Terdiri dari apakah lipid ?

Lipid mengandung hidrokarbon. Pada metabolisme tubuh, lipid teroksidasi melepaskan sejumlah besar energi yang berguna untuk kelangsungan hidup.

Dari mana lipid berasal ?

Lipid bisa didapat dari tanaman dan hewan dengan menggunakan pelarut nonpolar seperti eter, choloroform dan aseton.

Lipid terhidrolisis dan yang tidak dapat dihidrolisis

Jenis lipid yang mengandung ester dapat dihidrolisis dalam air. Contohnya : lemak netral, lilin, fosfolipid, dan glikolipid.
Lipid yang tidak dapat dihidrolisis diantaranya steroid dan vitamin larut lemak (misalnya vitamin A, D, E, dan K). Lemak dan minyak yang terdiri dari trigliserida atau trigliserid. Ini terdiri dari gliserol (trihydroxypropane; 1, 2 dan 3) dan 3 asam lemak untuk membentuk Triester A. Kandungan trigliserida dapat ditemukan saat pemeriksaan darah. Hidrolisis lengkap terhadap trigliserida menghasilkan tiga asam lemak dan molekul gliserol.

Asam lemak

Asam lemak adalah asam karboksilat rantai panjang (biasanya terdiri dari 16 atau lebih atom karbon), bisa mengandung atau tanpa mengandung ikatan rangkap karbon. Jumlah atom karbon hampir selalu genap dan biasanya tidak bercabang. Jenis asam oleat adalah asam lemak yang paling banyak di alam.
Lapisan atau membran yang mengelilingi sel terdiri dari protein dan lipid. Tergantung pada lokasi membran dan perannya di dalam tubuh, lipid dapat membuat antara 20 sampai 80 persen membran, sisanya adalah protein. Kolesterol, yang tidak ditemukan dalam sel tanaman, adalah jenis lipid yang membantu kinerja membran.

Lilin atau lemak dan minyak

Ini adalah ester dengan asam karboksilat rantai panjang dan lama, dapat diteliti dengan alkohol. Lemak adalah nama yang diberikan untuk trigliserida yang muncul yang bersifat padat atau semipadat pada suhu kamar, lemak terutama berasal dari hewan. Minyak adalah trigliserida yang berbentuk cairan pada suhu kamar, kandungan minyak terutama berasal dari tanaman dan ikan.

Mono / poli tak jenuh dan jenuh

Asam lemak tanpa ikatan rangkap karbon disebut lemak jenuh. Yang memiliki dua atau lebih ikatan ganda disebut polyunsaturated, asam oleat ini tak jenuh tunggal.
Lemak jenuh biasanya berbentuk padat dan berasal dari hewan, sedangkan lemak tak jenuh adalah cairan dan biasanya diekstrak dari tanaman.
Lemak tak jenuh mencegah molekul dari ikatan tidak seperti dalam molekul lemak jenuh, jadi titik didih lemak tak jenuh lebih rendah.

Manfaat lipid dalam tubuh dan sintesis

Lipid dimanfaatkan atau disintesis dari lemak yang berasal dari makanan. Disamping yang terbentuk dari biosintesis, memecah dan mensintesis lipid dalam metabolisme tubuh.
Beberapa lipid penting perlu diperoleh dari makanan . Fungsi biologis utama dari lipid adalah menyimpan energi, lipid dapat dipecah untuk menghasilkan sejumlah besar energi. Lipid juga membentuk komponen struktural membran sel dan berbagai molekul pengantar sinyal listrik dalam tubuh.

Kami menyediakan kapsul untuk menurunkan lipid, untuk membeli silakan klik di sini.