Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Kencing Berdarah

alang-alang obat kencing berdarah dan anyang-anyangen
alang alang

Kenapa air kencing saya ada darahnya? Kenapa air kencing saya berwarna merah? Beberapa pertanyaan diajukan pada saya, mengenai kencing yang berwarna merah, ada darah yang yang menyertai air kencing. Pada tulisan kali ini, saya akan mengulas masalah darah yang bercampur dengan air kencing atau sering disebut dengan hematuria.

Masalah darah yang terkandung dalam air kencing adalah suatu keluhan yang sering ditemui. Istilah kedokteran untuk darah dalam air kencing disebut hematuria. Andai cuma ada sedikit darah merah yang bercampur dengan air kencing, maka penampakan air kencing tidak akan berubah warna. Tetapi jika dilihat di bawah mikroskop akan terlihat sel-sel darah merah di dalamnya. Maka kejadian seperti ini disebut dengan hematuria mikroskopik. Dalam jumlah yang lebih banyak, darah dalam air kencing akan mempengaruhi warna urin; mulai berwarna merah muda, merah, hingga coklat (seperti bekas air cucian daging yang berwarna pekat). Air kencing yang sudah berubah warna atau ada perbedaan warna dengan warna air kencing yang normal; bening dan kekuningan. Hal ini disebut sebagai hematuria makroskopik. Dalam beberapa kasus, darah dalam air kencing menandakan terjadinya masalah yang serius pada saluran kemih. Walau pada kejadian lain hal ini bukan merupakan hal yang serius dan tidak memerlukan perawatan (akibat konsumsi makanan, minuman dan obat-obatan). Dengan melakukan cek laboratorium bisa diketahui, darah yang bercampur dengan air kencing, disebabkan oleh organ dalam yang mengalami gangguan atau tidak.

Hematuria mikroskopis sering ditemukan secara tidak sengaja. Saat pasien melakukan tes urine untuk pemeriksaan hal lain, baru diketahui adanya darah dalam air kencingnya. Karena jumlah darah merah yang sedikit, warna air kencing sepertinya normal. Karena ketidaksengajaan ini, baru diketahui ternyata ada gangguan pada ginjal. Hanya dengan sedikit darah, sekitar 1 ml atau 1 cc, maka air kencing pasien sudah akan berubah warna menjadi agak kemerah-mudaan.

Kadang air kencing berwarna yang menyerupai warna pada kejadian hematuria makroskopis yang berwarna pink, merah atau coklat. Tapi sebenarnya bukan masalah yang serius. Ini sering terjadi karena faktor makanan atau minuman yang dikonsumsi. Juga karena sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Beberapa Penyebab Kencing Berwarna Merah (Hematuria) :

1. Darah dalam air kencing bisa disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau adanya luka pada saluran kencing.

2. Hematuria mikroskopis (air kencing terlihat normal, padahal mengandung sel darah merah) biasanya terjadi karena gangguan pada ginjal. Hematuria makroskopis sering terjadi karena gangguan pada kandung kemih (kandung kencing) atau pada saluran kencing.  

3. Penyebab kencing mengandung darah yang sering terjadi pada pasien yang berusia di bawah 40 tahun adalah adanya batu ginjal atau karena infeksi pada saluran kencing.

4. Untuk pasien yang berusia di atas 40 tahun, yang dominan menjadi penyebab hematuria adalah kanker ginjal, prostat, dan gangguan pada kandung kemih. 

Penyebab kencing berdarah yang sudah dikenal :


- infeksi saluran kencing

- sumbatan pada saluran kemih, biasanya karena adanya batu, tumor, atau penyempitan pembuluh kencing

- kanker pada ginjal, kandung kemih atau pada prostat

- gangguan pada ginjal

- masalah pembekuan darah

- luka pada saluran kencing, misal karena kecelakaan (terutama jika tulang belakang yang mengalami benturan)

- penggunaan obat antibiotik, analgesik (penghilang rasa nyeri), antikoagulan (pengencer darah), kina, dll

- penyakit kronis, misal : anemia, diabetes, hipertensi

- infeksi virus

- radang ginjal

Ketika menjumpai darah yang bercampur dengan air kencing atau gejala lain dari gangguan kemih, sebaiknya segera pergi ke dokter. Jika tidak menemukan dokter, kita bisa menghubungi UGD (Unit Gawat Darurat) atau ICU (Intensive Care Unit) rumah sakit. Kapan saja kita mengalami gejala darah dalam urin yang disertai demam dan nyeri pinggul, segera pergi ke rumah sakit atau unit kesehatan lain; bisa jadi ada gangguan kronis pada ginjal.

Pengobatan alternatif dewasa ini juga banyak menyediakan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan keluhan yang berhubungan dengan air kencing yang bercampur dengan darah (hematuria). Anda bisa membeli obat herbal tersebut di sini.

Untuk membeli obat herbal kencing berdarah, silakan klik link berikut : obat herbal kencing darah 

Untuk membeli obat herbal batu ginjal dan batu pada saluran kencing, silakan klik link berikut : obat herbal batu ginjal 

Untuk membeli obat herbal prostat, silakan klik link berikut : obat herbal gangguan prostat 

Untuk membeli obat herbal gangguan saluran kemih, silakan klik link berikut : obat herbal gangguan saluran kemih 

Untuk membeli obat herbal infeksi saluran kemih, silakan klik link berikut : obat herbal infeksi saluran kemih