Mengobati Gangguan Telinga Berdenging

gangguan telinga berdenging
telinga berdenging
Gangguan Telinga Berdenging

Telinga berdenging, telinga berdengung, telinga mendenging, telinga mendengung; dalam istilah medis disebut tinnitus. Kebanyakan orang menyebut tinnitus sebagai "dengingan di telinga". Penderita gangguan telinga berdenging mungkin juga mendengar suara yang menderu, dengungan, atau mendesis "desisan".

Meskipun mendengar suara di telinga, tapi tidak ada sumber suara dari luar telinga. Ini berarti tidak ada sumber yang membuat suara bisa didengar. Karenanya penyakit telinga berdenging kadang-kadang disebut "suara hantu".

Tinnitus dapat mengganggu dan membuat frustasi. Kadang-kadang suara yang didengar mengganggu suara nyata di sekitar si penderita. Tinnitus sering dikaitkan dengan masalah depresi, kecemasan, dan stress.

Penderita mungkin mengalami tinnitus pada satu atau kedua telinganya. Gangguan telinga mendenging dapat dialami oleh orang dalam segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa dan orang tua.

Ada dua bentuk penyakit telinga berdenging: obyektif objektif dan subyektif subjektif. Tinnitus objektif: penderita dapat mendengar suara-suara tertentu di telinganya. Hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah di dalam dan sekitar telinga penderita menjadi abnormal. Ketika jantung berdetak, penderita dapat mendengar suara denyutannya.

Tinnitus objektif lebih jarang terjadi, sementara tinnitus subjektif lebih umum dialami orang. Penderita telinga berdenging jenis subjektif dapat mendengar dengingan, dengungan, desisan, suara menderu dan suara lainnya.

Penyebab Telinga Berdenging

Kerusakan pada telinga tengah atau bagian dalam adalah penyebab umum dari gangguan telinga berdenging. Telinga tengah menangkap gelombang suara dan meminta telinga bagian dalam untuk mengirimkan impuls listrik ke otak. Suara bisa didengar, setelah otak menerima sinyal tersebut dan menerjemahkannya menjadi suara yang bisa didengar. Kadang-kadang, telinga bagian dalam rusak, kemudian proses penyampaian suara ke otak terganggu.

Kerusakan gendang telinga atau tulang kecil di telinga tengah juga dapat mengganggu konduksi suara. Tumor di telinga atau di syaraf saraf pendengaran juga dapat menyebabkan gangguan telinga berdenging.

Suara Yang sangat keras dan berlangsung lama dapat menyebabkan gangguan telinga berdengung pada beberapa orang. Mereka yang bekerja di bidang konstruksi atau di bidang lain yang memanfaatkan palu, gergaji, atau alat berat lainnya lebih sering menderita gangguan penyakit telinga berdengung. Mendengarkan musik keras melalui headphone atau melihat konser dengan suara hingar-bingar, juga dapat menghasilkan gejala gangguan telinga berdengung yang bersifat sementara.

Penggunaan obat juga dapat menyebabkan gangguan telinga berdengung dan kehilangan pendengaran (disebut ototoxicity). Obat-obatan yang dapat menyebabkan tinnitus, antara lain:
 
- aspirin dengan dosis yang tinggi (lebih dari 12 dosis harian, waktu konsumsinya berkelanjutan)
- obat diuretik, seperti bumetanide
- obat anti-malaria, seperti klorokuin
- antibiotik berakhiran "mycin" atau "misin" seperti eritromisin dan gentamisin
- obat kanker tertentu, seperti vincristine

Kondisi medis lain yang dapat membuat telinga berdengung adalah:
 

- gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia
- kejang otot di telinga tengah
- penyakit Meniere (kondisi telinga yang mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan)
- gangguan sendi temperomandibular yang menyebabkan nyeri kronis pada rahang dan kepala
- kepala dan leher luka
- tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi

Kotoran telinga dalam jumlah banyak, juga dapat mengubah cara kita mendengar dan dapat menyebabkan gangguan telinga berdengung.

Diagnosis Diagnosa Gangguan Telinga Berdenging

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik telinga dan melakukan tes pendengaran untuk mendiagnosa penyakit telinga berdenging. Sebuah alat audio (audiolog) akan mengirimkan suara melalui satu set headphone pada salah satu telinga penderita secara bergantian. Penderita akan diminta untuk merespon dengan mengangkat tangan kanan saat suara terdengar pada telinga kanannya, sebaliknya mengangkat tangan kiri saat suara didengar oleh telinga kiri. Dokter mungkin dapat mendiagnosa penyebab gangguan telinga berdenging dengan membandingkan apa yang dapat didengar oleh orang normal pada usia dan jenis kelamin yang sama dengan si penderita.

Dokter juga dapat menggunakan tes pencitraan, seperti CT scan atau MRI, untuk melihat apakah si penderita memiliki cacat atau kerusakan pada telinga si penderita. Tes CT dan MRI menggunakan X-ray dan gelombang radio untuk membuat gambar organ internal penderita telinga mendenging. Sinar-X akan menunjukkan tumor, gangguan pembuluh darah, atau kelainan lain yang dapat mempengaruhi pendengaran.

Mengobati Gangguan Telinga Berdengung
Dokter akan melihat setiap kondisi medis yang mendasari penyebab gangguan penyakit telinga berdengung. Kelainan darah (bisa karena kolesterol berlebih) bisa diperbaiki, kelebihan kotoran telinga juga dapat dihilangkan. Jika karena obat yang menyebabkan gangguan telinga berdengung, dokter dapat mengubah resep dalam upaya untuk mengembalikan pendengaran menjadi normal kembali.

Terapi obat juga dapat efektif untuk mengurangi suara yang didengar di telinga. Antidepresan (obat depresi) trisiklik dan obat anti ansietas (kecemasan), misalnya xanax, amitriptyline, dan notriptyline, dapat mengurangi gangguan telinga berdengung dalam beberapa kasus. Namun tidak semua orang merespon terapi obat, sebaliknya mendapat efek samping yang mengganggu.

Efek samping dari obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tinnitus, di antaranya:

    mual
    mudah lelah
    sembelit
    pandangan kabur

Dalam kasus yang jarang terjadi, obat-obatan ini juga dapat menyebabkan masalah jantung.

Untuk mengobati gangguan telinga berdenging, usahakan dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah. Alat penutup telinga (berbentuk seperti headset) dapat mengurangi denging, deru dan desisan, dengan memberikan suara santai untuk menutupi suara berdenging. Penderita juga dapat mencoba perangkat masking, mirip dengan alat bantu dengar, yang masukkan ke dalam telinga.

Alat bantu dengar ini dapat bermanfaat bagi beberapa orang penderita gangguan telinga berdenging. Pengerasan suara melalui alat ini dapat membantu mereka yang mengalami kesulitan mendengar suara secara "normal" karena gangguan penyakit telinga berdenging. Implan koklea untuk mengembalikan pendengaran si penderita gangguan telinga berdenging mungkin juga efektif.

Implan koklea adalah upaya yang memungkinkan otak untuk dapat menerima impuls suara yang berasal dari telinga, untuk membantu mendengar lebih efektif. Sebuah mikrofon ditanamkan tepat di atas telinga, alat ini bekerja dengan elektroda yang dimasukkan ke dalam telinga bagian dalam. Implan mengirimkan impuls ke saraf pendengaran kita, sinyal yang dibutuhkan untuk memproses suara. Implan koklea dan bentuk lain dari stimulasi listrik, dapat membantu otak menafsirkan suara dengan benar.

Penderita telinga berdenging juga dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelola tinnitus dengan mengurangi stress. Stress tidak menyebabkan penyakit tinnitus, namun dapat memperburuk gejalanya.

Penderita telinga berdenging juga harus menghindari suara keras untuk mengurangi keparahan penyakit tinnitus.

Mencegah Penyakit Tinnitus

Lindungi telinga Anda dari suara keras untuk membantu mencegah tinnitus. Atur volume televisi Anda, radio, dan lain-lain sumber suara yang bisa dikontrol. Memakai pelindung telinga di sekitar lingkungan dengan suara keras, jika sudah melebihi 85 desibel, tingkat rata-rata lalu lintas suara yang dapat didengar manusia. Jika alat untuk melindungi telinga, seperti penyumbat telinga, tidak tersedia. Tutup telinga Anda saat melihat konser musik bersuara keras dan saat berada di tempat yang sangat bising.

Hindari obat-obat yang dapat menyebabkan gejala tinnitus kambuh, dan jadwalkan tes pendengaran rutin dengan dokter agar dapat segera mendeteksi jika terdapat masalah pada struktur telinga bagian dalam dan tengah.


Kami menyediakan obat herbal untuk mengatasi gejala gangguan telinga berdenging, klik di sini: Obat Herbal Telinga Berdenging