Cara menurunkan Trigliserida

Ubahlah gaya hidup Anda
Trigliserida atau kadang hanya ditulis dengan trigliserid adalah suatu petunjuk penting dari kesehatan jantung seseorang. Trigliserid adalah jenis lemak (lipid) dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengapa trigliserida penting dan apa yang harus dilakukan jika trigliserid terlalu tinggi?

Jika Anda telah mengontrol tingkat tekanan darah dan kolesterol dengan baik, ada hal lain yang perlu dipantau : trigliserida Anda. Pilihan gaya hidup yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan merupakan salah satu cara menurunkan trigliserida.

Apa itu trigliserida?

Trigliserida adalah jenis lemak (lipid) yang ditemukan dalam darah. Ketika kita makan, tubuh mengubah kalori yang tidak digunakan menjadi trigliserid. Trigliserid disimpan dalam sel lemak. Hormon melepaskan trigliserid sebagai energi antara dua waktu makan. Jika seseorang secara teratur makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar, terutama yang terkandung dalam karbohidrat dan lemak, kemungkinan ia akan memiliki tingkat trigliserida yang tinggi (hipertrigliseridemia).

Bagaimana trigliserid yang dianggap normal?

Sebuah tes darah sederhana dapat mengungkapkan apakah trigliserid ada pada kisaran yang normal atau beresiko mengganggu kesehatan Anda.

Trigliserid normal jika kurang dari 150 miligram per desiliter (mg / dl), atau kurang dari 1,7 milimol per liter (mmol / L).
Batas tinggi trigliserida Anda: 150 - 199 mg / dl (1,8-2,2 mmol / L).
Trigliserid dalam darah dianggap tinggi: 200 - 499 mg / dl (2,3-5,6 mmol / L).
Tingkat trigliserid sangat tinggi, jika ada di atas 500 mg / dl atau (5,7 mmol / L).

Rekomendasi tingkat trigliserida kita, sebaiknya ada di kisaran 100 mg / dl ( 1,1 mmol / L) atau lebih rendah dari nilai itu. Trigliserida yang berada di tingkat optimal ini akan meningkatkan kesehatan jantung kita. Namun tidak direkomendasikan terapi obat untuk mencapai tingkat ini. Sebaiknya mencoba untuk menurunkan trigliserida ke tingkat ini dengan perubahan gaya hidup seperti diet, menurunkan berat badan dan aktifitas olahraga. Karena trigliserida biasanya merespon dengan baik, perubahan pola makan dan gaya hidup.

Dokter biasanya akan memeriksa trigliserida sebagai bagian dari tes kolesterol (kadang disebut sebagai panel lipid atau profil lipid). Anda harus berpuasa selama 9 (sembilan) sampai 12 (dua belas) jam, sebelum darah dapat diambil untuk pengukuran tingkat trigliserida secara akurat.

Perbedaan trigliserid dengan kolesterol

Trigliserid dan kolesterol merupakan jenis lipid yang beredar dalam darah. Kalori yang masuk ke dalam tubuh karena adanya makanan akan diubah menjadi energi, kalori yang tidak terpakai akan diubah menjadi trigliserid. Kolesterol digunakan untuk membangun sel dan hormon tertentu. Karena trigliserid dan kolesterol tidak dapat larut dalam darah, keduanya beredar ke seluruh tubuh dengan bantuan protein yang mengangkut lipid (lipoprotein).

Trigliserid tinggi 

Trigliserida tinggi dapat menyebabkan pengerasan arteri atau penebalan dinding arteri (aterosklerosis) yang dapat meningkatkan resiko stroke, serangan jantung dan penyakit jantung.

Trigliserid tinggi sering merupakan tanda kondisi lain yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke, misalnya obesitas (kelebihan berat badan) dan sindrom metabolik (kondisi yang meliputi terlalu banyak lemak di sekitar pinggang, tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, gula darah tinggi dan kadar kolesterol abnormal).

Terkadang trigliserid tinggi adalah tanda dari diabetes tipe 2, rendahnya tingkat hormon tiroid (hipotiroid), penyakit hati atau ginjal, atau kondisi genetik langka yang mempengaruhi bagaimana tubuh Anda mengubah lemak menjadi energi. Trigliserida tinggi juga bisa karena efek samping dari minum obat seperti beta blockers, pil KB, diuretik, steroid atau obat kanker payudara tamoxifen.

Bagaimana cara terbaik untuk menurunkan trigliserid?

Pilihan gaya hidup sehat 

Menurunkan berat badan. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, penurunan berat badan 5 sampai 10 kg dapat membantu menurunkan trigliserid Anda. Memotivasi diri sendiri dengan berfokus pada manfaat menurunkan berat badan, seperti lebih mudah beraktifitas dan meningkatkan kesehatan.

Kurangi kalori. Ingatlah bahwa kalori ekstra akan dikonversi menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak. Mengurangi kalori Anda akan mengurangi trigliserid. Hindari makanan yang rasanya manis. Gula dan makanan yang terbuat dari beras dapat meningkatkan trigliserida.
Batasi kolesterol dalam diet Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyakit jantung. Hindari sumber utama kolesterol, misalnya: daging tinggi lemak jenuh, kuning telur dan susu serta produk turunannya.

Pilih lemak sehat (lemat tak jenuh). Lemak jenuh ditemukan dalam daging, lemak tak jenuh tunggal ditemukan pada tumbuhan, seperti minyak zaitun, kacang dan minyak canola. Konsumsilah ikan tinggi omega 3 asam lemak seperti makarel dan salmon untuk menggantikan daging merah.

Menghilangkan lemak trans. Lemak trans dapat ditemukan pada beberapa makanan yang digoreng dan produk panggang, seperti roti, kerupuk dan kue cemilan. Jangan terlalu bergantung pada label makanan yang mencantumkan tulisan bebas lemak trans. Di Amerika Serikat, makanan yang mengandung kurang dari 0,5 gram porsi lemak trans, dapat diberi label bebas lemak trans. Meskipun jumlahnya tampak kecil, tapi dapat bertambah dengan cepat jika Anda makan banyak makanan yang mengandung sejumlah kecil lemak trans tersebut.

Hindari minuman yang mengandung alkohol. Alkohol sangat tinggi kalori dan gula dan memiliki efek sangat kuat pada peningkatan jumlah trigliserida. Bahkan sejumlah kecil alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida.

Berolahraga secara teratur. Setidaknya 30 menit olahraga rutin setiap hari. Olahraga teratur dapat meningkatkan kolesterol baik, sekalian menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Jalan kaki rutin tiap hari, berenang, menaiki tangga di tempat kerja, atau beberapa kali sit-up atau push-up dapat Anda lakukan saat menonton televisi.

Menurunkan trigliserid juga penting untuk mengontrol diabetes dan tekanan darah tinggi.

Bagaimana dengan obat-obatan ?

Jika perubahan gaya hidup sehat tidak cukup untuk mengendalikan trigliserid, dokter mungkin menyarankan obat yang dapat membantu menurunkan trigliserid Anda. Biasanya fokus terapi adalah untuk menurunkan kadar tinggi kolesterol jahat (LDL), sebelum menangani kadar trigliserida yang tinggi. Obat untuk mengobati kolesterol tinggi antara lain:

Niacin. Kadang disebut sebagai asam nikotinat, dapat menurunkan trigliserid dan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein atau LDL). Dokter mungkin meresepkan suplemen niacin, seperti Niaspan. Jangan mengonsumsi niacin tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Niacin dapat berinteraksi dengan obat lain dan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya jika Anda overdosis.

Fibrat. Obat fibrat seperti fenofibrate (Lofibra, TriCor) dan gemfibrozil (Lopid), juga dapat menurunkan kadar trigliserida.

Statin. Jika Anda juga memiliki High Density Lipoprotein (HDL atau kolesterol baik) yang rendah dan kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL, kolesterol jahat) yang tinggi, dokter mungkin akan meresepkan statin penurun kolesterol atau kombinasi dari statin dan niacin atau fibrat. Karena risiko efek samping dari statin, pastikan untuk memberitahu dokter jika Anda mengalami nyeri otot , mual , diare atau sembelit.

Suplemen asam lemak omega-3. Suplemen asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kolesterol. Anda dapat mengonsumsi suplemen omega-3, atau dokter mungkin meresepkan suplemen resep asam lemak omega-3 (Lovaza , Vascepa) sebagai cara untuk menurunkan trigliserida Anda. Suplemen omega-3 dapat dikonsumsi bersama obat penurun kolesterol lain, seperti statin. Konsultasikan dengan dokter saat akan mengonsumsi suplemen omega-3, karena suplemen ini dapat mempengaruhi obat lain yang Anda konsumsi.

Jika dokter meresepkan obat untuk menurunkan trigliserida Anda, konsumsilah obat yang diresepkan. Harus diingat juga pentingnya menjaga gaya hidup sehat Anda.

Kami menyediakan kapsul untuk menurunkan trigliserida, untuk membeli silakan klik di sini.