Beluntas Mengobati Kelebihan Keringat

daun beluntas
Daun Beluntas
Tanaman beluntas dalam bahasa Latin disebut Pluchea indica adalah tumbuhan semak yang bisa mencapai ketinggian lebih dari 2 meter. Sering tumbuh liar di pekarangan yang tidak terawat. Tumbuh tegak mempunyai banyak percabangan di pohonnya. Tumbuhan beluntas banyak terdapat di daerah yang berketinggian hingga 1000 DPL (Di atas Permukaan Laut) di Indonesia. Daun beluntas bertangkai pendek berujung lancip, letaknya berselang-seling antar daunnya. Tumbuhan yang berbulu halus ini mempunyai daun yang bergerigi. Bunganya yang berwarna ungu keluar dari ketiak daun dan dari ujung cabang pohon. 

Dalam bahasa Indonesia, tumbuhan ini dikenal dengan nama beluntas. Orang Jawa menyebutnya luntas, di Madura namanya baluntas, masyarakat Sunda di bumi parahyangan mengenalnya dengan baruntas atau baluntas, di Makassar namanya lamutasa, orang Timor menamainya lenaboui, sedang di Sumatera namanya beluntas. Dalam bahasa Inggris beluntas disebut marsh fleabane, orang Tiongkok menyebutnya luan yi, di Vietnam namanya phatpai.

Daun beluntas mengandung senyawa kimia alkaloid, minyak atsiri, natrium, tannin, flavonoid, kalsium, magnesium dan fosfor. Bagian daun inilah yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan keringat berlebihan.

Cara mengonsumsinya pun mudah. Daun beluntas bisa dijadikan lalapan yang nikmat dan dapat dijadikan jus daun beluntas. Konsumsilah dua kali sehari, pada pagi hari dan waktu menjelang tidur.

Selain untuk mengobati keringat berlebih, daun beluntas juga bermanfaat menjaga kesehatan. Khasiat lain daun beluntas adalah:

- menghilangkan bau badan yang dapat membuat tidak percaya diri.
- menyegarkan mulut saat dibuat lalapan.
- melancarkan pencernaan. 
- menambah nafsu makan.
- mengobati sakit demam.
- mengobati sakit nyeri pinggang.
- mengatasi bau mulut.
- mengobati keputihan.
- menghambat pertumbuhan bakteri E.coli
- menyembuhkan nyeri tulang


kapsul ekstrak daun beluntas
kapsul ekstrak daun beluntas
Untuk Anda yang tidak sempat mengonsumsi daun beluntas secara langsung, kami menyediakan ekstrak kapsul daun beluntas yang dapat dikonsumsi secara praktis. Untuk membeli kapsul ekstrak daun beluntas, silakan klik di sini atau klik pada gambar. Bagaimana cara mengatasi keringat keluar terlalu banyak ? Salah satu upayanya yaitu dengan mengonsumsi daun beluntas secara teratur.