Mengobati Wasir atau Ambeien

obat tradisional herbal penyakit ambeyen atau wasir
gambar penampang ambeien atau wasir
Wasir atau ambeyen ambeien adalah tumpukan pembuluh darah yang bengkak dan meradang dalam anus dan rektum. Dua penyebab diantaranya adalah karena penderita sering mengejan saat buang air besar atau karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan. Ambeien dapat terjadi di dalam rektum (wasir dalam), atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir luar).

Ambeien adalah penyakit yang umum terjadi. Pada usia sekitar 50 tahun, hampir setengah dari jumlah orang dewasa harus berurusan dengan gatal, ketidaknyamanan dan pendarahan yang dapat menandakan adanya ambeien.

Untungnya banyak pilihan yang tersedia yang efektif mengobati wasir. Kebanyakan orang bisa mengobati gejala yang menyertai wasir dengan menggunakan pengobatan di rumah dan membuat perubahan gaya hidup.


Gejala Penyakit ambeien atau wasir

Tanda dan gejala wasir:

    Pendarahan, tidak terasa nyeri saat buang air besar. Anda mungkin melihat sejumlah kecil darah merah bersama keluarnya tinja atau feses

    Gatal atau iritasi di daerah anus

    Nyeri atau ketidaknyamanan

    Pembengkakan di sekitar anus

    Ada benjolan di dekat anus, mungkin sensitif kadang menyakitkan

Gejala wasir biasanya tergantung pada dimana terjadinya penyakit ini. Wasir internal terletak di dalam rektum. Biasanya penderita tidak dapat melihat atau merasakan wasir ini, umumnya tidak menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Gesekan dengan celana atau senggolan, dapat merusak permukaan wasir yang halus dan menyebabkan pendarahan. Kadang mengejan dapat mendorong wasir internal keluar melalui pembukaan anus. Hal ini dikenal sebagai wasir menonjol atau prolaps dan dapat menyebabkan rasa sakit serta luka.

Wasir eksternal berada di bawah kulit di sekitar anus. Pada wasir eksternal, penderita biasanya merasa gatal atau berdarah. Kadang darah tersebut membentuk gumpalan (trombus); mengakibatkan sakit parah , pembengkakan dan peradangan.


Kunjungan ke Dokter

Pendarahan saat buang air besar adalah tanda yang paling umum dari wasir. Tapi pendarahan rektum dapat terjadi karena penyakit lain, misalnya kanker kolorektal dan kanker dubur. Jangan berasumsi bahwa pendarahan hanya berasal dari wasir, konsultasikan dengan dokter.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes lain untuk mendiagnosa wasir. Pertimbangkan melakukan kunjungan ke dokter, jika : wasir menyebabkan rasa sakit, sering disertai pendarahan. Kadang dengan jumlah darah yang berlebihan, atau wasir tidak membaik setelah dilakukan pengobatan di rumah.

Jika gejala wasir sudah mempengaruhi kebiasaan buang air besar atau jika Anda mendapati darah bersama keluarnya tinja, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Feses atau tinja yang disertai darah bisa jadi bukan hanya karena ambeian. Tapi sumber pendarahan bisa terjadi di tempat lain, misal pada saluran pencernaan.

Segera cari perawatan medis jika Anda mengalami pendarahan dalam jumlah banyak. Hal ini bisa menyebabkan pusing atau pingsan.

 

Penyebab wasir atau ambeien

Pembuluh darah di sekitar anus bisa menonjol atau membengkak karena tekanan (mengejan). Vena bisa bengkak karena adanya peningkatan tekanan dalam rektum. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan:

     Mengejan saat buang air besar

     Duduk lama-lama di toilet

     Diare kronis atau sembelit

     kegemukan

     kehamilan

     hubungan anal

     Diet rendah serat

Wasir sering terjadi saat usia bertambah, karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di rektum dan anus dapat melemah dan meregang karena faktor bertambahnya usia.

Komplikasi wasir jarang terjadi, tetapi bisa menyebabkan:

     Anemia. Kehilangan darah kronis karena penyakit wasir dapat menyebabkan anemia, dimana penderita tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke sel-sel di seluruh bagian tubuh yang teraliri darah. Hal ini dapat mengakibatkan kecapaian dan kelemahan pada penderitanya (baca juga artikel :  
Herbal Untuk Mengobati Kurang Darah : Anemia)

     Wasir strangulasi. Jika suplai darah ke wasir internal terputus, ambeien mungkin akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan (gangren).

 

Perawatan dan Pengobatan pada Penderita Ambeien

Pengobatan untuk menyembuhkan ambeien dapat Anda lakukan sendiri, misal dengan cara mengubah gaya hidup. Tapi kadang obat-obatan atau prosedur operasi bedah diperlukan pada penyakit ambeien yang parah.

 

Obat Ambeien atau Wasir

Jika wasir Anda hanya bersifat ringan, dokter mungkin hanya meresepkan krim / salep atau memberikan supositoria (obat seperti peluru kira-kira sepanjang 2 cm, untuk dimasukkan ke anus). Produk untuk mengobati ambeien ini mengandung bahan : witch hazel atau hidrokortison, yang dapat mengurangi rasa sakit dan gatal, setidaknya untuk sementara.

Jangan menggunakan krim atau produk lainnya selama lebih dari seminggu, kecuali atas anjuran dokter. Produk tersebut dapat menyebabkan efek samping, seperti: ruam kulit, peradangan dan penipisan kulit.

 

Prosedur Invasif Minimal

Jika gumpalan darah terbentuk pada wasir eksternal, dokter dapat menghilangkan bekuan dengan sayatan sederhana dalam waktu yang cepat.
 

Pendarahan yang terjadi atau jika wasir berasa menyakitkan, mungkin dokter akan menyarankan prosedur invasif minimal. Perawatan ambeien dapat dilakukan dengan rawat inap atau menggunakan obat rawat jalan.

    Gelang karet. Dokter menempatkan satu atau dua karet kecil di sekitar wasir internal untuk memotong ujung benjolan. Wasir akan layu dan jatuh dalam waktu seminggu. Prosedur ini disebut ligasi pita karet, efektif bagi banyak penggunanya.

    Tindakan ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan dapat menyebabkan pendarahan, dalam waktu dua sampai empat hari setelah pemotongan benjolan. Biasanya jarang yang parah.

    Injeksi (sclerotherapy). Pada prosedur ini, dokter menyuntikkan larutan kimia ke dalam jaringan wasir. Kadang suntikan menyebabkan sedikit rasa nyeri, hasilnya mungkin kurang efektif dibanding prosedur karet ligasi pita .

    Koagulasi (dengan inframerah, laser atau bipolar ). Teknik Koagulasi menggunakan laser atau cahaya inframerah. Ini hanya menyebabkan pendarahan kecil, wasir internal kemudian mengeras dan mengerut. Koagulasi memiliki sedikit efek samping untuk kambuh daripada pengobatan dengan prosedur karet gelang .


Prosedur Operasi Pembedahan

Jika prosedur lainnya belum berhasil atau Anda memiliki wasir yang besar, dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur bedah. Pembedahan dapat dilakukan dengan rawat jalan atau perlu rawat inap (opname) semalam di rumah sakit.

Dokter bedah akan mengangkat jaringan yang berlebihan yang menyebabkan pendarahan. Berbagai teknik dapat digunakan. Operasi dapat dilakukan dengan anestesi (pati rasa) lokal dikombinasikan dengan sedasi, anestesi spinal atau anestesi umum.

Hemorrhoidectomy adalah cara yang paling efektif dan lengkap untuk mengobati wasir parah atau yang kerap kambuh. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah kesulitan buang air kecil untuk sementara waktu dan infeksi saluran kencing.

Kebanyakan orang mengalami rasa sakit setelah operasi pembedahan. Obat-obatan dapat mengurangi rasa sakit ini. Perendaman dalam air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Stapel Wasir yaitu penanganan dengan cara wasir dijepit atau hemorrhoidopexy dijepit, untuk menutup aliran darah ke jaringan ambeien. Stapel umumnya mengakibatkan rasa sakit yang relatif lebih ringan dibanding hemorrhoidectomy dan memungkinkan penderita untuk segera melaksanakan pekerjaan rutin harian setelah selesai dilakukan tindakan ini.

Dibandingkan dengan hemorrhoidectomy, stapel mempunyai resiko kambuh yang lebih besar pada prolaps rektum; sebagian dari rektum menonjol keluar dari anus. Bicarakan dengan dokter, prosedur apa yang mungkin menjadi pilihan terbaik bagi si penderita.


Gaya Hidup dan Perawatan di Rumah

Anda sering dapat meringankan rasa nyeri karena pembengkakan dan peradangan wasir dengan perawatan di rumah. Pengobatan yang dilakukan di rumah, kadang sudah mencukupi untuk menyembuhkan gejala ambeyen atau wasir.

     Gunakan obat topikal. Penggunaan salep atau supositoria yang mengandung hydrocortisone, atau menggunakan pembalut yang mengandung witch hazel atau pemati rasa untuk mengatasi gejala ambeien.

     Rendam dalam air hangat. Rendam daerah anus dengan air hangat selama 10 sampai 15 menit, dua sampai tiga kali sehari. Sitz cocok dipasang di atas toilet duduk, Anda bisa mendapatkannya di toko obat / apotek.

     Jaga daerah anus tetap bersih. Mandi setiap hari untuk membersihkan kulit di sekitar anus, usap dengan lembut memakai air hangat. Sabun tidak diperlukan dan dapat memperburuk ambeien. Hindari tisu wangi beralkohol untuk membersihkan sekitar anus. Keringkan daerah anus dengan pengering rambut setelah mandi.

     Jangan gunakan kertas toilet kering. Untuk membantu menjaga daerah dubur bersih setelah buang air besar, gunakan handuk sekali pakai atau dengan tisu basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol.

     Kompres dingin. Gunakan es atau kompres dingin pada anus untuk mengurangi bengkak. 


   Konsumsi penghilang rasa sakit. Anda dapat menggunakan acetaminophen (Tylenol), aspirin atau ibuprofen untuk sementara waktu guna membantu meringankan rasa nyeri.

Dengan perawatan ini, gejala wasir biasanya sembuh dalam waktu seminggu. Temui dokter jika keadaan Anda tidak membaik dalam waktu seminggu.


Kami menyediakan kapsul herbal untuk mengobati ambeien atau wasir, klik saja :


 1. obat herbal ambeien

 2. obat herbal wasir

 3. kapsul daun ungu