Mengobati Penyakit Maag atau Tukak Lambung

penyakit maag atau tukak lambung
penyakit maag atau tukak lambung
Apa itu Penyakit Maag, Mah, Mag, Magh, Mahg, Maah atau Tukak Lambung?

Sakit maag adalah luka menyakitkan yang terjadi pada lapisan lambung atau usus kecil. Sakit maag juga dikenal sebagai tukak lambung, terjadi ketika lapisan lendir tebal yang melindungi lambung terkikis.

Menurut American Association Gastroenterological, di Amerika diperkirakan empat juta orang mengalami sakit maag dan satu dari 10 orang akan mengidapnya selama hidup.

Sakit maag mudah disembuhkan, namun dapat menjadi parah tanpa pengobatan.

Apa Penyebab Maag atau Tukak Lambung?

Sakit maag tidak selalu disebabkan oleh satu faktor tunggal. Berkurangnya lapisan lendir lambung yang menyebabkan penyakit maag umumnya disebabkan oleh:

- infeksi karena bakteri Helicobacter pylori (H. pylori).
- penggunaan jangka panjang aspirin dan ibuprofen melebihi dosis yang dianjurkan.
- sindrom Zollinger-Ellison, penyakit langka  yang membuat tubuh memproduksi asam lambung berlebih

Faktor-faktor tertentu dan perilaku yang mempunyai resiko tinggi menyebabkan sakit maag:

     rokok
     sering menggunakan steroid (misal untuk mengobati asma)
     hiperkalsemia (kelebihan kalsium)
     riwayat keluarga sakit maag
     berusia di atas 50 tahun
     Konsumsi alkohol yang berlebihan

Gejala Tukak Lambung

Ada sejumlah gejala yang berhubungan dengan sakit maag. Tingkat keparahan gejala tergantung pada tingkat keparahan ulkus (kerusakan jaringan, salah satu contohnya adalah lapisan lendir lambung yang terkelupas). Gejala yang paling umum adalah rasa nyeri yang menyiksa di daerah antara dada dan pusar. Biasanya rasa sakit akan lebih intens saat perut kosong dan dapat berlangsung selama beberapa menit atau beberapa jam.

Gejala umum lainnya:

     rasa nyeri di lambung
     penurunan berat badan
     nafsu makan menurun
     mual atau muntah
     kembung
     bersendawa
     mulas
     nyeri saat makan dan minum

Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala ulkus lambung. Meskipun ketidaknyamanannya mungkin ringan, ulkus bisa lebih buruk jika tidak ditangani dengan baik.

Apakah Penyakit Maag Perlu Didiagnosis?

Diagnosis dan pengobatan akan tergantung pada gejala dan tingkat keparahan ulkus. Untuk mendiagnosis ulkus lambung, dokter akan meninjau riwayat kesehatan penderitanya bersama dengan gejala dan obat yang pernah dipakai. Untuk mengetahui infeksi H. pylori, bisa dilakukan tes darah, tinja, atau tes nafas. Pada tes napas, pasien akan diminta untuk minum cairan bening dan menghembuskan nafas ke dalam kantong, yang kemudian disegel. Jika terdapat bakteri H. pylori, sampel nafas akan mengandung karbon dioksida dengan kadar yang lebih tinggi dari keadaan normal.

Tes dan prosedur lain yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit tukak lambung:

Barium X-Ray

Pasien akan diminta untuk minum cairan putih kental (barium) yang membuat lambung dan usus kecil dapat dideteksi oleh sinar-X. Kemudian radiologi akan membaca sinar-X untuk melihat apakah pasien menderita maag, jaringan parut, atau penyumbatan yang menghalangi makanan melewati sistem pencernaan dengan normal.

Endoskopi

Sebuah selang berkamera kecil dan bercahaya dimasukkan melalui mulut dan masuk ke perut untuk mencari keberadaan maag. Dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit atau obat penenang ringan untuk menghilangkan ketidaknyamanan akibat prosedur ini.

Endoskopi Biopsi

Pada endoskopi biopsi, sedikit jaringan lambung akan diambil, sehingga nantinya dapat dianalisis. Jenis tes ini biasanya digunakan pada orang tua, pasien yang memiliki berat badan di atas normal atau mengalami perdarahan lambung.

Mengobati Penyakit Maag

Perawatan Nonsurgical (tanpa operasi)

Pengobatan akan bervariasi tergantung pada penyebab maag. Jika ulkus lambung disebabkan adanya bakteri H. pylori, pasien akan memerlukan antibiotik. Untuk sakit maag ringan sampai sedang, dokter biasanya akan meresepkan obat berikut:

     H2 blocker: untuk mencegah lambung terlalu banyak asam
     proton pump inhibitor: menutup sel yang memproduksi asam
     antasid: untuk membantu menetralkan asam lambung
     sitoprotektif: untuk melindungi lapisan lambung dan usus kecil

Gejala maag mungkin mereda dengan cepat dengan pengobatan. Bahkan jika gejala sudah hilang, penderita harus tetap mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter. Hal ini sangat penting untuk mencegah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri H. pylori, dilakukan untuk memastikan bahwa semua bakteri sudah mati. Dokter juga akan menyarankan pasiennya untuk menghindari rokok, alkohol, dan obat atau makanan yang bisa memicu gejala tukak lambung.

Efek samping tertentu yang berhubungan dengan pengobatan ulkus lambung adalah:

     mual
     pusing
     sakit kepala
     diare

Efek samping ini bersifat sementara. Bicaralah dengan dokter untuk mengubah obat jika penderita mengalami ketidaknyamanan ekstrim sebagai akibat dari efek samping pengobatan.

Pengobatan bedah (dengan jalan operasi)

Dalam kasus yang sangat langka, ulkus lambung akan memerlukan operasi. Misal karena luka-luka di lambung atau borok yang:

     selalu kembali
     tidak sembuh
     berdarah
     merobek lambung atau usus kecil

Pembedahan mungkin termasuk:

     pengangkatan seluruh ulkus
     mengambil jaringan dari bagian lain dari usus untuk menutup luka pada ulkus
     mengikat arteri penyebab pendarahan
     memotong saraf perut untuk mengurangi produksi asam lambung

Komplikasi Terkait dengan Penyakit Maag

Lakukan pengobatan segera setelah Anda yakin menderita ulkus lambung. Semakin lama maag tidak diobati, semakin besar kemungkinan untuk menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Jika penderita mengalami salah satu gejala berikut, harus segera mencari perawatan medis:

     nyeri perih yang tidak berhenti
     tinja berwarna hitam atau berdarah
     muntah darah
     muntah yang tampak seperti bubuk kopi

Ini bisa menjadi tanda ulkus lambung telah terkikis, atau pecah pembuluh darah. Terjadinya jaringan parut mungkin adalah bentuk komplikasi lain. Jaringan parut dapat menghambat jalannya makanan dari perut menuju ke usus kecil. Semua kejadian di atas memerlukan operasi pembedahan.

Cara Mencegah Penyakit Maag

Untuk mencegah penyebaran bakteri dan mengurangi resiko infeksi bakteri, cuci tangan Anda dengan sabun dan air secara teratur dan pastikan semua makanan dicuci bersih dan dimasak sebelum dikonsumsi.

Untuk mencegah ulkus, berhentilah menggunakan aspirin dan ibuprofen,  jika tidak mungkin, batasi penggunaannya. Pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan dan menghindari alkohol saat memakai obat ini.

Perubahan gaya hidup tertentu juga dapat membantu mencegah penyakit maag. Membatasi konsumsi alkohol, menghindari rokok, dan mengelola stress dengan benar bisa menunjang lapisan lambung yang sehat.


Kami menyediakan obat herbal untuk penyakit maag, silakan pilih obatnya:

1. Obat Herbal Maag

2. Obat Maag