Beluntas Mencegah Kerusakan Hati Manusia

kapsul ekstrak beluntas
Kapsul Ekstrak Beluntas
Perubahan pola makan dan gaya hidup bisa mengakibatkan bermacam gangguan kesehatan, salah satunya penyakit pada organ hati.

Hati berperan penting pada proses metabolisme, penguraian zat yang mempunyai sifat racun (toksik) dan peran dalam reaksi biokimia. Kerusakan organ hati dapat mengakibatkan penyakit sirosis, steatosis, granuloma, cholestasis dan hepatitis.

Karena bahayanya penyakit pada organ hati, lima mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada ( UGM ) mengadakan penelitian untuk mengatasi persoalan tersebut. Kelima mahasiwa itu adalah: Anissa Nugraheni, Siti Hartinah, Avinda Kumalasari, Jeanette Aline Sarumaha dan Akhmad Esakta. Mereka meneliti daun beluntas (Pluchea indica L) yang diduga berpotensi sebagai agen hepatoprotektor (melindungi hati dari gangguan racun). Berdasar penelitian, daun beluntas mengandung senyawa yang dapat melindungi hati dari kerusakan yang ditimbulkan oleh racun. 

Daun beluntas mengandung senyawa myricetin, kaemferol dan quercetin yang termasuk dalam golongan flavanoid yang dapat bereaksi dengan reseptor enzim CYP P450. Diharapkan proses ini dapat menghambat terbentuknya metabolit toksik, misal pada metabolit toksik paracetamol.

Penelitian dilakukan selama empat bulan bertujuan untuk mengetahui efek hepatoprotektor daun beluntas yang diamati melalui histopatologi hati, SGPT dan SGOT pada tikus jantan galur Wistar.

Juga diamati interaksi antara senyawa myricetin, kaemferol dan quercetin dengan reseptor enzim CYP P450 melalui molecular docking, sehingga didapat score docking, RMSD serta visualisasi ikatan antara protein enzim CYP2E1 dengan ketiga ligand aktif tersebut.

Untuk menguji kandungan senyawa quercetin dalam daun beluntas, digunakan uji Kromatografi Lapis Tipis ( KLT ). Hasilnya menunjukan bahwa daun beluntas dapat mencegah timbulnya kerusakan hati pada hewan percobaan.

Hasil penelitian ini memberikan informasi pada masyarakat manfaat daun beluntas bagi kesehatan terutama fungsinya untuk melindungi hati. Daun beluntas merupakan salah satu pilihan untuk mencegah kerusakan hati akibat racun dalam tubuh.

Sumber: harian Suara Merdeka, 18 Juni 2016.

Untuk membeli Kapsul Ekstrak Beluntas, klik saja: Kapsul Ekstrak Beluntas