Mengobati Penyakit Kulit

obat tradisional herbal penyakit gatal kulit psoriasis
Psoriasis
Penyakit kulit umumnya tidak membahayakan, walau sering menimbulkan rasa gatal, nyeri dan sakit.

Radang pada kulit yang biasanya berupa bercak berwarna merah atau sering disebut dengan ruam kulit, dapat terjadi karena bermacam penyebab: infeksi, panas, alergi, gangguan sistem kekebalan tubuh dan obat-obatan.

Ruam kulit dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau rasa nyeri, sakit, serta merasa kurang percaya diri saat tampil di muka umum dengan memperlihatkan bagian kulit penderitanya. Beberapa ruam kulit, seperti ruam panas dan gatal sehabis berenang; biasanya akan hilang dengan cara membersihkan diri. Biasanya hilang jika kita mandi menggunakan sabun antiseptik. Tetapi ruam kulit yang lain, contohnya: bercak merah pada wajah (rosacea) dan cacar ular atau cacar api / herpes zoster, mungkin memerlukan perawatan medis.


Beberapa Jenis Penyakit Kulit

Psoriasis

Psoriasis adalah penumpukan kulit bersisik yang terjadi dengan cepat karena siklus hidup sel-sel kulit dengan cepat meningkat. Akumulasi sel kulit mati menjadi tebal, bersisik keperakan, gatal, kering, tampak meradang yang kadang terasa menyakitkan.

Keadaan ini cenderung kambuh secara berkala dan kemudian menghilang, lalu muncul lagi.
 

Pada beberapa penderita, psoriasis merupakan gangguan ringan. Bagi orang lain bisa sangat mematikan, karena kulit kehilangan fungsinya sebagai pelindung. Psoriasis dapat muncul bersamaan dengan arthritis. Obat gatal berupa cairan atau salep dan terapi cahaya dapat membantu mengurangi tanda dan gejala penyakit kulit jenis ini.

 
Psoriasis Arthritis

Psoriatic arthritis adalah penyakit radang sendi yang mempengaruhi munculnya psoriasis. Pada beberapa orang yang menderita psoriasis, biasanya muncul radang merah bersisik pada bagian luar sendi yang sakit. Kebanyakan orang mengidap psoriasis lebih dulu, kemudian didiagnosis mengalami psoriasis arthritis. Tetapi umumnya psoriasis muncul setelah terjadinya radang sendi.

Nyeri sendi, kaku dan bengkak adalah tanda dari psoriatis arthritis. Psoriatis arthritis dapat terjadi pada setiap bagian persendian, termasuk ujung jari dan tulang belakang, bisa berupa serangan ringan sampai tingkat yang parah.

Tidak ada obat untuk penderita psoriatic arthritis, sehingga fokusnya adalah pada pengendalian gejala dan mencegah kerusakan sendi penderitanya. Tanpa pengobatan, psoriatis arthritis dapat menyebabkan kelumpuhan.


Gatal Perenang (Swimmer's itch / dermatitis cercarial)

Gatal perenang (dermatitis cercarial / sersarial) adalah ruam yang dapat menyebabkan rasa panas dan gatal. Penyakit kulit jenis ini disebabkan oleh reaksi alergi terhadap parasit yang ditularkan melalui media air. Bercak merah biasanya disertai benjolan kecil atau lecet.

Karena gatal perenang adalah reaksi alergi dengan media penularan air, maka mandi dengan air yang tercemar infeksi dapat meningkatkan sensitivitas seseorang dan mengakibatkan gejala yang parah jika kambuh lagi.

Gatal perenang bukan termasuk penyakit yang membahayakan, biasanya akan sembuh tanpa perawatan medis dalam waktu satu minggu; jagalah kebersihan badan dengan mandi pakai sabun antiseptik. Pengobatan untuk mengurangi gejala swimmer's itch bisa dilakukan di rumah dengan mengoleskan obat gatal dan mandi dengan air yang dicampur serbuk PK (Kalium Permanganat, beli di apotek).


Herpes Zoster (cacar api / cacar ular / shingles / dampa / dompo)

Herpes zoster adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus cacar air (virus varicella zoster). Seseorang yang pernah menderita cacar air, virusnya akan tetap aktif dalam tubuh selamanya. Saat virus cacar air ini muncul lagi, seringnya pada masa dewasa, menyebabkan herpes zoster.

Ketika herpes zoster muncul, biasanya disertai rasa panas seperti terbakar, nyeri, linu, kesemutan, dan gatal. Bentuknya ruam dengan lepuhan kecil, mirip cacar; dengan paparan lebih besar. Saat mulai sembuh, lepuh ini meninggalkan borok yang kering dan membentuk kerak.

Herpes zoster biasanya sembuh dalam beberapa minggu tanpa pengobatan. Obat antivirus (misal aciclovir) dapat mengurangi rasa sakit atau mengurangi rasa nyeri. Vaksinasi bisa dilakukan untuk mencegah kekambuhan, meskipun tidak selalu efektif; vaksin ini direkomendasikan untuk orang yang berusia di atas 60 tahun.

 
Rosacea

Rosacea adalah penyakit kulit berupa peradangan kronis pada orang dewasa, yang terlihat seperti jerawat di wajah. Rosasea menyebabkan ruam kemerahan di wajah berbentuk benjolan merah kecil atau benjolan berisi nanah.

Bagi kebanyakan orang, rosasea cenderung kambuh secara berkala, lalu menghilang, kemudian muncul lagi. Mengonsumsi makanan tertentu, kondisi kulit, suhu ekstrim dan paparan sinar matahari dapat memicu munculnya rosasea.

Meskipun rosacea tidak ada obatnya, pengobatan (obat oles penyakit gatal) dapat mengendalikan atau mengurangi gejala penyakit kulit jenis ini.


Penyakit Kulit Kurap atau Kudis (tinea corporis)

Kurap (tinea corpus) atau kudisan adalah infeksi jamur yang muncul disertai rasa gatal, merah, bersisik, sedikit bengkak, bisa menyebar ke bagian lain kulit tubuh manusia. Infeksi dapat menyebar, sebaran baru akan aktif menimbulkan infeksi. Sementara daerah yang pertama muncul kurap, menjadi kurang aktif menginfeksi.
 
Penyakit kulit jenis kurap menular dan menyebar dengan beberapa cara, contoh dengan: kontak dari kulit penderita atau kontak dengan benda yang terkontaminasi seperti pakaian kotor. Pengobatan biasanya memerlukan obat anti jamur.

 
Lichen Planus

Lichen planus biasanya muncul dengan warna keunguan, gatal, berbentuk benjolan dengan permukaan datar (lesi), paling sering menyerang lengan bawah bagian dalam dan dekat pergelangan tangan atau pergelangan kaki. Lokasi umum lainnya: punggung bawah, leher dan kaki.

Penyakit kulit ini tidak begitu membahayakan penderitanya, tetapi dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Jika terasa ringan mungkin hanya perlu perawatan sederhana di rumah atau tanpa pengobatan. Ketika gejalanya parah, merasa nyeri atau gatal, sebaiknya dilakukan pengobatan atau konsultasikan dengan dokter.

Lichen planus dapat mempengaruhi selaput lendir, alat kelamin, kulit kepala atau kuku. Jika terpapar umumnya menyebabkan rasa gatal. Gejala tersebut lebih sulit untuk diawasi, sering bertahan untuk waktu yang lama dan sering kambuh lagi.


Intertrigo

Intertrigo adalah peradangan yang disebabkan oleh gesekan antar kulit. Paling sering muncul di area kulit yang lembab dan hangat, seperti pangkal paha, antara lipatan-lipatan kulit pada perut, bawah payudara, di bawah lengan atau antara jari kaki. Kulit yang terserang mungkin akan menjadi sensitif atau menyakitkan, pada kasus yang parah dapat menyebabkan luka berdarah. Luka pada bagian kulit yang hangat dan lembab memudahkan terjadinya infeksi bakteri atau jamur.

Intertrigo biasanya membaik dengan metode perawatan diri yang tepat, dengan menjaga kebersihan daerah tersebut, bedak gatal bisa digunakan; turunkan berat badan untuk menghindari lipatan. Infeksi yang berhubungan dengan intertrigo memerlukan terapi obat.


Ruam Panas (miliaria / kringet buntet/ biang keringat)

Ruam panas (miliaria) terjadi ketika aliran keringat terhambat, biasanya karena panas dan cuaca lembab. Hindari pakaian yang terlalu banyak atau terlalu ketat.

Biang keringat (miliaria rubra) adalah jenis ruam panas yang muncul berupa kumpulan kecil benjolan berwarna merah, yang menghasilkan sensasi rasa menusuk atau menyengat. Miliaria crystallina muncul berupa benjolan berisi cairan yang umumnya tidak menimbulkan gejala yang signifikan.

Ruam panas bukan merupakan penyakit kulit yang serius. biasanya sembuh dengan metode perawatan diri yang tepat, seperti menjaga daerah yang terkena tetap dingin dan kering serta menghindari pemakaian baju ketat.


Penyakit Gatal di Kulit Akibat Pemakaian Obat-obatan

Ruam obat dapat muncul karena efek samping dari pemakaian obat atau reaksi alergi terhadap obat. Obat apapun dapat menyebabkan ruam obat, contohnya obat antibiotik, obat anti-kejang dan obat diuretik (untuk melancarkan air kencing). Beberapa obat akan berefek ruam pada kulit saat kulit terpapar sinar matahari secara langsung.

Ruam obat biasanya muncul dalam minggu pertama setelah pemakaian obat, sering diawali dengan bintik-bintik merah yang menyebar. Bisa menyerang seluruh bagian kulit tubuh. Ruam biasanya sembuh dalam beberapa hari sampai beberapa minggu setelah menghentikan pemakaian obat.

Walau bukan merupakan penyakit kulit yang membahayakan, namun efek yang parah pada ruam obat memerlukan penanganan medis segera.


Ruam Pohon Natal (pityriasis rosea)

Ruam pohon natal (pityriasis rosea). Penderita mengalami gatal, ruam bersisik yang biasanya muncul pertama pada dada, perut atau punggung. Setelah kemunculan pertama (herald patch), ruam dapat menyebar sebagai bercak kecil ke bagian lain mulai dari bagian punggung, dada ke bagian tubuh lainnya. Ruam dapat membentuk pola di bagian punggung yang menyerupai gambar pohon Natal.

Ruam pohon natal biasanya sembuh tanpa pengobatan dalam waktu enam sampai delapan minggu, tetapi dapat berlangsung beberapa bulan. Obat oles gatal dapat mengurangi gejala dan dapat membantu mempercepat hilangnya ruam, tetapi kadang penyakit kulit jenis ini hilang dengan sendirinya.

Kami menjual kapsul dan obat oles gatal / obat dermatitis untuk mengobati penyakit kulit, berbahan herbal. 

Untuk membeli kapsul obat kulit gatal, silakan klik: obat bersih darah

Untuk membeli obat gatal oles, silakan klik pada tulisan berwarna: antiderm atau salep kulit gatal